Tips Agar Mendapatkan Pekerjaan Bagi Para Penyandang Disabilitas

Bekerja atau berkarir adalah sarana untuk mengaktualisasi diri bagi setiap orang, tidak terkecuali bagi penyandang disabilitas. Berbicara soal pekerjaan, bekerja bukanlah suatu hal yang mudah untuk penyandang disabilitas, ini karena mereka memiliki keterbatasan dalam menjalankan aktivitas mereka penderita difabel. Salah satu hambatan bekerja yang harus dihadapi penyandang disabilitas adalah akses ke kantor ataupun lingkungan kantor. Selain itu, fasilitas umum bagi penyandang disabilitas di Indonesia juga belum cukup memadai.

Namun hal tersebut bukanlah alasan untuk penyandang disabilitas tidak mau bersaing di dunia karir melawan orang lain (non-disabilitas). Untuk dapat melawan mereka yang non-disabilitas, para penyandang disabilitas harus memiliki hal lain yang dapat dijadikan nilai lebih seperti pengetahuan yang luas, leterampilan yang menyenangkan dan dapat diandalkan, serta perilaku dan mental yang tangguh dalam menghadapi segala tantangan di dunia kerja.

Untuk para penyandang disabilitas, berikut ini adalah beberapa panduan yang bisa Anda ikuti jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan yang sesuai:

– Berkarir sebagai operator

Jika Anda ingin bekerja di bidang ini, Anda perlu memiliki kemampuan khusus seperti, lancar berbicara dan mengerti percakapan dalam bahasa asing, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan memiliki intonasi yang jelas, Anda dapat menonjolkan hal yang bisa Anda jadikan nilai lebih. Salah satu operator yang bisa Anda coba adalah operator telepon di hotel.

– Berkarir di industri rumahan

Bekerja di rumah terdengar sangat cocok bagi penyandang disabilitas dengan kondisi yang tidak memungkinkan mereka untuk keluar rumah atau mereka yang tidak dapat akses mobilitas. Lagi-lagi keterampilan memiliki nilai penting bagi penyandang disabilitas yang ingin bekerja di industri rumahan. Contoh industri rumahan yang bisa dicoba antara lain, menjual kue, membuka toko jahit, membuka warung, usaha laundry atau merajut. Jika Anda memiliki pengetahuan yang luas, Anda juga dapat memberikan les privat kepada anak-anak yang membutuhkannya.

Dengan bekerja di rumah, para penyandang disabilitas dapat memnentukan waktu kerja mereka, mereka juga dapat menentukan kapan mereka ingin beristirahat dan kapan mereka akan bekerja kembali. Selain itu, dengan membuka industri rumahan, tidak menutup kemungkinan Anda akan membuka lapangan pekerjaan baru bagi orang lain.

– Berkakrir di bidang olahraga

Bagi penyandang disabilitas yang memiliki ketertarikan dnegan olahraga, Anda dapat mencoba bidang ini. Saat ini, penyandang disabilitas juga dapat berkompetisi pada bidang olahraga, Anda tentu mengenal Asian Para Games, bukan? Sebuah perhelatan besar yang diikuti oleh para penyandang disabilitas. Dengan bekerja pada bidang olahraga, Anda juga dapat mengembangkan diri Anda, melatih diri dan latihan keras untuk mengikuti event olahraga yang ada.

Tantangan terbesar bagi penyandang disabilitas adalah diri mereka sendiri. Untuk membantu mereka terhindar dari kegagalan, kita dapat memberikan dukungan dan semangat yangv positif.